Friday, August 3, 2012

7 Keistimewaan Lailatulqadr


1. Bulan diturunkannya AlQuran/syahrulQuran (al-baqarah 185) dan seluruh kitab samawi diturunkan pd bulan Ramadhan seperti shuhuf Ibrahim mlm pertama,Taurat mlm ke 6,Injil mlm ke 13,Zabur pd mlm ke 18,begitu pula alQuran diturunkan pd bulan Ramadhan

2.Pada bulan Ramadhan pintu Surga dibuka, pintu neraka ditutup rapat2,dan syetan2 dibelenggu.

“Bila datang malam pertama bln Ramadhan mk setan dan jin dibelenggu pintu2 neraka ditutup sehingga tdk satupun dibuka pintu surga dibuka sehingga tdk ada satupun yang tertutup

3.Pada bln Ramadhan terdapat Lailatul Qadar (mlm lbh baik dari seribu bulan= 83 thn kalau kita beribadah) “pada bulan ini ada satu malam yang lebih baik dari seribu bulan, siapa yang terhalang dari kebaikannya berarti ia telah benar-benar terhalang (H.R. Ahmad).

4.Pada bln ini semua pahala dilipat gandakan yang wajib jadi 70 kali lipat,pahala sunat seperti wajib, umroh Ramadhan bernilai haji bersama Rasulullah saw dng sempurna, dan shadaqah paling utama di bulan Ramadhan.

5.Bulan penghapus dosa/syahrulmaghfira

“Antara shalat 5 waktu,dari jum’at ke Jum’at, dan dari Ramadhan ke Ramadhan dapat menjadi kifarat penghapus dosa” Rasulullah saw bersabda: ‘Siapa yang berpuasa Ramadhan dengan iman dan karena mengharap pahala di sisi Allah SWT, maka dosa-dosanya yang telah lalu diampuni’”(mutafaqun alaih)

6. Bulan pembebasan dari api neraka

Rasulullah saw bersabda ” Allah swt membebaskan orang2 beriman dari pedihnya siksa neraka dan hal itu berlangsung setiap malam (HR.Tirmidzi)

7. Bulan Kesabaran.

“Puasalah kalian pd bulan kesabaran/Ramadhan” Shaum itu setengah kesabaran dan sabar setengah keimanan.


Rasulullah saw bersabda :”Ketika Ramadhan, ummatku diberikan lima hal yang belum pernah diberikan pada umat-umat sebelumnya :

1.Disisi Allah,bau mulut orang yang shaum lebih harum dari wanginya misk

2.Para Malaikat beristighfar untuk mereka hingga waktu berbuka

3.Allah swt memperindah surga-Nya setiap hari, seraya berfirman kepadanya ;”hampir-hampir para hamba-Ku yang shaleh akan mencampakkan berbagai kesukaran dan penderitaan lalu kembali padamu/surga.” (Ya Rabb jadikan kami termasuk penghuni surga-Mu)

4. Setan-setan durjana dibelenggu, tidak dibiarkan lepas seperti bebasnya mereka menggoda dalam bulan-bulan selain Ramadhan

5. Orang yang shaum akan memperoleh ampunan di akhir malam. Kemudian ada shahabat yang bertanya “wahai Rasulullah saw, apakah ampunan itu terjadi pada malam LailatulQadar?” Maka Rasulullah saw menjawab “tidak, karena pelaku kebaikan akan disempurnakan/diberikan pahalanya sesuai menyelesaikan amal perbuatan.

WaALLAHu’alam.

Ahmadhasif.com


No comments:

Post a Comment